Disiplin
Disiplin mempunyai makna yang luas dan berbeda – beda, oleh karena
itu disiplin mempunyai berbagai macam pengertian. Pengertian tentang
disiplin telah banyak di definisikan dalam berbagai versi oleh para ahli. Ahli
yang satu mempunyai batasan lain apabila dibandingkan dengan ahli lainnya.
Definisi pertama yang berhubungan dengan disiplin diantaranya:
itu disiplin mempunyai berbagai macam pengertian. Pengertian tentang
disiplin telah banyak di definisikan dalam berbagai versi oleh para ahli. Ahli
yang satu mempunyai batasan lain apabila dibandingkan dengan ahli lainnya.
Definisi pertama yang berhubungan dengan disiplin diantaranya:
Disiplin adalah Tingkat konsistensi dan konsekuen seseorang terhadap suatu
komitmen atau kesepakatan bersama yang berhubungan dengan tujuan yang akan
dicapai waktu dan proses pelaksanaan suatu kegiatan” Depdiknas (1992)
Disiplin yaitu kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan suatu system
yang mengharuskan orang untuk tunduk pada keputusan, perintah atau peraturan
yang berlaku.Dengan kata lain, disiplin adalah kepatuhan mentaati peraturan dan
ketentuan yang telah ditetapkan”. Andi Rasdiyanah (1995)
Dari berbagai macam pendapat tentang definisi disiplin diatas, dapat
diketahui bahwa disiplin merupakan suatu sikap moral mahasiswa yang terbentukmelalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai – nilai
ketaatan, kepatuhan, keteraturan dan ketertiban berdasarkan acuan nilai moral.mahaSiswa yang memiliki disiplin akan menunjukkan ketaatan, dan
keteraturan terhadap perannya sebagai seorang pelajar yaitu belajar secara
terarah dan teratur. Dengan demikian mahasiswa yang berdisiplin akan lebih
mampu mengarahkan dan mengendalikan perilakunya. Disiplin memiliki
peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia terutama mahasiswa dalamhal belajar. Disiplin akan memudahkan siswa dalam belajar secara terarah danteratur.
diketahui bahwa disiplin merupakan suatu sikap moral mahasiswa yang terbentukmelalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai – nilai
ketaatan, kepatuhan, keteraturan dan ketertiban berdasarkan acuan nilai moral.mahaSiswa yang memiliki disiplin akan menunjukkan ketaatan, dan
keteraturan terhadap perannya sebagai seorang pelajar yaitu belajar secara
terarah dan teratur. Dengan demikian mahasiswa yang berdisiplin akan lebih
mampu mengarahkan dan mengendalikan perilakunya. Disiplin memiliki
peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia terutama mahasiswa dalamhal belajar. Disiplin akan memudahkan siswa dalam belajar secara terarah danteratur.
Aktif
Aktif adalah pembelajaran membangun pengalaman belajar para mahasiswa
dengan berbagai keterampilan proses sehingga mendapatkan pengalaman dan
pengetahuan baru. Sedangkan dosen harus mampu menciptakan kegiatan belajar yang
beragam sehingga memenuhi dan mampu memberikan pelayanan pada berbagai tingkat
kemampuan dan gaya belajar mahasiswa. Di sisi lain menyenangkan dimaksudkan
agar dosen mampu menciptakansuasana belajar yang menyenangkan sehingga
mahasiswa memusatkan perhatian secara penuh.
Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan merupakan usaha membangun pengalaman belajar mahasiswa dengan berbagai keterampilan proses untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru, melalui penciptaan kegiatan belajar yang beragam dan mengkondisikan suasana belajar sehingga mampu memberikan pelayanan pada berbagai tingkat kemampuan dan gaya belajar mahasiswa, serta mahasiswa lebih terpusat perhatiannya secara penuh.Suasana pembelajaran abad 21 mengisyaratkan dosen lebih memuji mahasiswa atas hasil karyanya, mengajukan pertanyaan yang menantang, dan mendorong mahasiswa untuk melakukan observasi.dosen tidak di harus kan membuat suasana kelas tegang dan menjelek-jelekan karya mahasiswa karena akan berimplikasi pada ketidak patuhan,fokus belajar mahasiswa akan hilang dan dosen tidak lagi menjadi inspirasi dan motivator bagi mahasiswa.
Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan merupakan usaha membangun pengalaman belajar mahasiswa dengan berbagai keterampilan proses untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru, melalui penciptaan kegiatan belajar yang beragam dan mengkondisikan suasana belajar sehingga mampu memberikan pelayanan pada berbagai tingkat kemampuan dan gaya belajar mahasiswa, serta mahasiswa lebih terpusat perhatiannya secara penuh.Suasana pembelajaran abad 21 mengisyaratkan dosen lebih memuji mahasiswa atas hasil karyanya, mengajukan pertanyaan yang menantang, dan mendorong mahasiswa untuk melakukan observasi.dosen tidak di harus kan membuat suasana kelas tegang dan menjelek-jelekan karya mahasiswa karena akan berimplikasi pada ketidak patuhan,fokus belajar mahasiswa akan hilang dan dosen tidak lagi menjadi inspirasi dan motivator bagi mahasiswa.
Mengamalkan
Allah juga berfirman:
Dan sesungguhnya kalau mereka mengamalkan pelajaran yang diberikan kepada
mereka, tentulah hal yang demikian itu lebih baik bagi mereka dan lebih
menguatkan iman mereka (an-nisaa: 66)
Maka lihatlah bagaimanakah keutamaan orang-orang yang mengamalkan ilmu yang
telah diketahuinya.
Darisini kita ambil faidah:
- Anjuran agar kita semakin bersemangat dalam menuntut ilmu sehingga semoga setiap ilmu yang kita dapatkan, kita berusaha untuk dapat kita amalkan.
- Maka seharusnya ini dapat kita jadikan sebagai tujuan utama kita dalam menuntut ilmu, yaitu kita mencari ilmu agar kita dapat mengamalkannya; bukan hanya sekedar “koleksi” ilmu saja. Namun tercermin dalam amal-amal kita, baik amalan hati, lisan maupun anggota badan.
- Dengan mengamalkan ilmu (dengan ikhlash), maka pasti allah akan menunjuki kita akan ilmu-ilmu yang belum kita ketahui.
- Dengan mengamalkan ilmu (dengan ikhlash) pula, maka akan memperkuat keimanan dalam hati kita.
- Dengan mengamalkan ilmu (dengan ikhlash) pula, maka akan membantu kita istiqamah diatas jalan yang haq.
- Allah menyebut “mengamalkan ilmu” sebagai salah satu bentuk jihad. Maka ini sebagai jawaban kepada kaum takfiriy yang hanya mengkhususkan jihad kepada jihad qital (perang) saja; yang mana sebenarnya jihad sangat luas maknanya, tidak sebatas perang saja.
- Sebagaimana mengamalkan ilmu adalah jihad, maka menuntut ilmu pun merupakan jihad.
Aman
Aman adalah sebuah kondisi yang tentram,damai dan sejahtera tanpa ada suatu
tindakan kriminalitas atau kejahatan yang dapat mengganggu instabilitas
keamanan baik secara politi,.ekonomi dan social.
Tapi pembelajaran kita di sini,aman adalah kesanggupan seorang mahasiswa
dalam melindungi dirinya dari hal-hal yang tidak perlu di lakukan.artinya
seorang mahasiswa di tuntut untuk lebih keras dalam menjaga apa saja ilmu yang
telah di dapat bisa di pergunakan dalam berbagai hal yang berguna buat
dirinya,orang lain dan bangsa –negara.
Contohnya seorang mahasiswa belajar ke amerika,setelah mendapatkan ilmu di
sana dan bergelar magister.mahasiswa tersebut pulang ke tanah airnya dan di
terima sebagai pegawai di instansi pemerintahan,dalam menata pelayanan public
yang baik dan prima malah orang tersebut mempergunakan wewenang sesuka
hati.uang rakyat di korup tanpa ingat dosa sedikit pun.ini lah salah satu orang
yang pernah mencicipi jadi mahasiswa yang tidak mengamankan keimanan hatinya
dalam berbuat baik.
Ilmu
Ilmu (science) adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan
meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia.
Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu
memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian
ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya. Ilmu adalah pengetahuan tentang
sesuatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu yang dapat
digunakan untuk menerangkan gejala tertentu.
Ilmu bukan sekadar pengetahuan(knowledge), tetapi merangkum sekumpulan
pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik
diuji dengan seperangkat metodeyang diakui dalam bidang ilmu tertentu.
Dipandang dari sudut filsafat, ilmu terbentuk karena science manusia berusaha
berfikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang dimilikinya. Ilmu pengetahuan
adalah produk dari epistomologi.
Contoh:ilmu alam hanya bisa menjadi pasti setelah lapangannya dibatasi ke
dalam hal yang bahani (materiil saja), atau ilmu spikologi hanya bisa
meramalkan perilaku manusia jika lingkup pandangannya dibatasi ke dalam segi
umum dari perilaku manusia yang konkret. Berkenaan dengan contoh ini, ilmu-ilmu
alam menjawab pertanyaan tentang berapa jarak matahari dan bumi, atau ilmu
psikologi menjawab apakah seorang pemudi cocok menjadi perawat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar